Sharing bersama Mbah Suro


A. Pendahuluan
Malam minggu ini saya dan teman - teman datang ke BLC untuk mengikuti kelas malam membahas tentang perkembangan komputer dan OSI Layer.

1. Pengertian
Model referensi jaringan terbuka OSI atau OSI Reference Model for open networking adalah sebuah model arsitektural jaringan yang dikembangkan oleh badan International Organization for Standardization (ISO) di Eropa pada tahun 1977. OSI sendiri merupakan singkatan dari Open System Interconnection. Model ini disebut juga dengan model "Model tujuh lapis OSI" (OSI seven layer model).

2. Latar Belakang
Belum memahami OSI Layer maka dari itu ada kelas malam untuk membahas materi OSI Layer.

3. Maksud & Tujuan
Diadakan kelas malam agar kita dapat memahami dan mengerti apa itu OSI Layer.

4. Hasil yang diharapkan
Mampu memahami 7 Layer OSI

B. Alat & Bahan
  • Laptop
  • Koneksi Internet
  • Referensi dari sumber lain 
C. Jangka Waktu Pelaksanaan
19.30 - 23.30

D. Proses & Tahapan Pelaksanaan
1. Pertama Mbah Suro menjelaskan tentang perkembangan komputer.
Pada tahun 1642 komputer sebagai alat hitung . Kemudian komputer elektronik pertama itu pada tahun 1937. Kemudian pada tahun 1960 mulai dibuat perintah perintah komputer dengan bahasa cobol . Bentuk mouse pada generasi dahulu  pada tahun 1964 , dan floppy disk  pada tahun 1967. Internet mulai dikembangkan pada tahun 1969. Tahun 1971 itu  mulai adanya dioda dan pada tahun  1976 pertama kali  apple di buat. Tahun 1981 komputer pentium 8088 cuma 8 bit menggunakan ram 64 kb.
Komputer sebagai pusat pengolah data dimana ada input & output. Komputer adalah benda mati, sekarang sudah canggih. Kecerdasan nya seperti otak manusia. Kompuer bisa mendeteksi keberadaan seseorang.

2. Prosedur = sekumpulan informasi yg sudah di persiapkan (perintah). 
Bentuk komputer dari zaman dulu hingga sekarang itu berbeda. Mengapa masih dinamakan komputer ???
Karena sudah sepakat tidak berubah. Kompuer adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengolah data sesuai dengan prosedur yang telah dirumuskan.

3. Prinsipnya
a. Mengerti cara kerja komputer
b. Mengerti cara merawat komputer
c. Apabila merawat/perbaikan komputer baca buku manualnya

4. HISTORY OF COMPUTER 
Orang memindahkan data pertama menggunakan disket, disk, flash disk.
Kemudian mulailah ada jaringan, gunanya adalah untuk berkomunikasi dari perangkat satu ke perangkat lain misal berbagi data.
Komunikasi = Menyampaikan pesan berbentuk data/ suara.Tujuan komunikasi adalah untuk menyampaikan pesan dari pengirim ke penerima.
Komunikasi data = misal komunikasi melalui data ada suara, gambar, vidio, data. Data yang dikirimkan oleh komputer berupa paket paket  sesuai dengan lebar bandwidth. Sarat nya data tidak boleh cacat , diproses dulu baru sempurna. Pengiriman ada media (hambat jenis) , komputer memberikan perintah 5W 1H. Listrik adalah sinyal, sinyal bisa melalui media kabel, wifi, bluetooth, infrared.

5. Syarat utama untuk masuk ke telekomunikasi data

OSI LAYER 
ada aturan OSI. terdiri dari lapisan lapisan. ada 7 lapisan yaitu :

1. Physical Layer
Berfungsi untuk mendefinisikan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan (seperti halnya Ethernet atau Token Ring), topologi jaringan dan pengabelan. Selain itu, level ini juga mendefinisikan bagaimana Network Interface Card (NIC) dapat berinteraksi dengan media kabel atau radio.

2. Data-link Layer
Befungsi untuk menentukan bagaimana bit-bit data dikelompokkan menjadi format yang disebut sebagai frame. Selain itu, pada level ini terjadi koreksi kesalahan, flow control, pengalamatan perangkat keras (seperti halnya Media Access Control Address (MAC Address)), dan menetukan bagaimana perangkat-perangkat jaringan seperti hub, bridge, repeater, dan switch layer 2 beroperasi. Spesifikasi IEEE 802, membagi level ini menjadi dua level anak, yaitu lapisan Logical Link Control (LLC) dan lapisan Media Access Control (MAC).

3. Network Layer
Berfungsi untuk mendefinisikan alamat-alamat IP, membuat header untuk paket-paket, dan kemudian melakukan routing melalui internetworking dengan menggunakan router dan switch layer-3.

4. Transport Layer
Berfungsi untuk memecah data ke dalam paket-paket data serta memberikan nomor urut ke paket-paket tersebut sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan setelah diterima. Selain itu, pada level ini juga membuat sebuah tanda bahwa paket diterima dengan sukses (acknowledgement), dan mentransmisikan ulang terhadp paket-paket yang hilang di tengah jalan.

5. Session Layer
Berfungsi untuk mendefinisikan bagaimana koneksi dapat dibuat, dipelihara, atau dihancurkan. Selain itu, di level ini juga dilakukan resolusi nama.

6. Presentation Layer
Berfungsi untuk mentranslasikan data yang hendak ditransmisikan oleh aplikasi ke dalam format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan. Protokol yang berada dalam level ini adalah perangkat lunak redirektor (redirector software), seperti layanan Workstation (dalam Windows NT) dan juga Network shell (semacam Virtual Network Computing (VNC) atau Remote Desktop Protocol (RDP)).

7. Application Layer
Berfungsi sebagai antarmuka dengan aplikasi dengan fungsionalitas jaringan, mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan, dan kemudian membuat pesan-pesan kesalahan. Protokol yang berada dalam lapisan ini adalah HTTP, FTP, SMTP, dan NFS.

E. Hasil yang didapat
Sudah dapat memahami apa itu OSI Layer.

F. Kesimpulan
Dengan adanya kelas malam ini, dapat menambah ilmu jika kita mau memperhatikan Mbah Suro dalam memaparkan materi yang sudah dijelaskan.

G. Referensi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Blokir Website dengan Layer 7 Protocol

Bersih - bersih Gedung Baru BLC Telkom Klaten

Browsing Lewat Terminal Menggunakan Elink