Tantangan IT di Dunia Berkembang

A. Pendahuluan
   
1. Pengertian
    Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi.
 
2. Latar Belakang
    Perkembangan IT yang sangat pesat membutuhkan SDM yang berkualitas agar tidak kalah dikancah global.

3. Maksud dan Tujuan
    Mengetahui apa itu IT dan bagaimana kita untuk mengimbangi kemajuan IT tersebut agar tidak tertinggal.

4. Hasil yang diharapkan
    Mampu menjawab tantangan IT saat ini dengan melalui metode yang paling sederhana terlebih dahulu.

B. Alat dan Bahan
1. Laptop
2. Akses internet

C. Jangka waktu pelaksanaan
3 Jam

D. Tahapan pelaksanaan
1. Berdiskusi dengan bersama Mbah Suro
2. Mencatat hal-hal penting dalam pelaksanaan diskusi
3. Menanyakan hal-hal yang belum dipahami saat diskusi
4. Menyimpulkan isi diskusi.

E. Hasil yang didapatkan

Foto presentasi dibuat dengan vym


Tantangan IT di dunia Berkembang :

A. Infrastruktur :
    Infrastruktur berarti merujuk pada fisik, tantangan nyata didunia berkembang pada bidang ini adalah keterbatasan akses dan jaringan. Salah satu contohnya adalah saat ini belum semua wilayah dinegara kita dapat mengakses internet, dikarenakan masih terdapat daerah yang belum memilik tower untuk menangkap dan menyebarkan sinyal.

B. Sumber Daya Manusia :
    Tantangan selanjutnya adalah sumber daya manusia yang masih rendah, dunia berkembang masih banyak orang yang awam dengan apa itu IT. Terdapat sekelompok orang juga yang sudah mengetahui dan menggunakan perangkat IT tetapi kurang bisa memanfaatkan fitur IT dengan benar.
    Mutu SDM yang rendah dapat dipengaruhi oleh mutu pendidikan yang rendah, metode pendidikan yang saat ini ditanamkan masih kurang efektif untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman IT kepada pelajar. SDM yang rendah dapat diatasi dengan pendidikan formal, informal, sertifikasi dan lain sebagainya. Asalkan dengan metode yang benar dan kemauan yang kuat dari SDM sendiri.
    Penyebab lain SDM rendah adalah salah posisi dalam penempatan seseorang di suatu pekerjaan. Salah posisi dimaksudkan tidak tepatnya individu ditempatkan dalam suatu pekerjaan yang tidak sesuai dengan keahliannya.

C. Manajemen dan Tata Kelola :
    Dari segi dasar aturan hukum, manajemen dan tata kelola ini dimaksudkan peraturan yang berkenaan dengan dunia IT tersebut. Masih banyak sekali orang-orang yang tidak bertanggung jawab dalam memanfaatkan fitur suatu teknologi, diantaranya melakukan hal-hal negatif didunia internet seperti mencuri data, melakukan penipuan, menyebarkan berita bohong yang dapat menimbulkan kericuhan dan lain sebagainya.
    Kejahatan di dunia teknologi tersebut disebabkan karena kurangnya kesadaran akan hukum yang mengatur pelanggaran-pelanggaran dalam dunia teknologi. Kejahatan dapat diatasi dengan memberikan sosialisasi kepada pengguna IT didunia berkembang sehingga dapat memahami peraturan yang diberlakukan.
    Perlu diberlakukannya aturan tata kelola dan standar baku SOP terkait penggunaan perangkat IT.

D. Sumber Dana :
    Untuk membangun IT yang baik diperlukan sumber dana yang cukup. Sumber dana digunakan untuk membeli komponen-komponen yang dibutuhkan sesuai dengan perancanaan pembangunan.

E. Tuntutan Perkembangan Tekologi :
    Salah satu pemicu tuntutan perkembangan teknologi adalah kemajuan teknologi yang sangat pesat. Dengan perkembangan "software" dan "hardware" yang semakin pesat kita harusnya sadar, kita juga harus meningkatkan "brainware" kita. Karena jika hal tersebut tidak dilakukan, kita hanya akan menjadi bangsa pembeli dan tidak pernah menjadi bangsa penjual yang lebih dihagai.
    Terkadang apabila brainware ingin maju, namun terkendala oleh Kebijakan Pemerintah. Kebijakan pemerintah justru terkadang membuat mati kreatifitas anak bangsa yang ingin berekspresi. Sehingga pemerintah harusnya memberikan kebijakan yang memihak kepada anak bangsa.

F. Temuan permasalahan :
     Belum ditemukan permasalahan dari diskusi tersebut.

G. Kesimpulan :
     Tantangan IT di dunia berkembang memang sangat beragam, sehingga kita perlu berbenah agar kita tidak tertinggal oleh kemajuan bangsa lain.

H. Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Infrastruktur

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Blokir Website dengan Layer 7 Protocol

Bersih - bersih Gedung Baru BLC Telkom Klaten

Browsing Lewat Terminal Menggunakan Elink