KERJA PROFESIONAL

APA ITU KERJA PROFESIONAL?



A. PENDAHULUAN

1. Pengertian
Kerja atau pekerjaan adalah sebuah aktivitas yang dilakukan oleh manusia untuk menghasilkan sesuatu, biasanya berupa prestasi, penghargaan, barang atau uang.

Profesional adalah sebuah istilah bagi seseorang yang menawarkan jasa atau layanan sesuai dengan protokol dan peraturan dalam bidang yang dijalaninya dan menerima gaji sebagai upah atas jasanya. Orang tersebut juga merupakan anggota suatu entitas atau organisasi yang didirikan seusai dengan hukum di sebuah negara atau wilayah. Meskipun begitu, seringkali seseorang yang merupakan ahli dalam suatu bidang juga disebut "profesional" dalam bidangnya meskipun bukan merupakan anggota sebuah entitas yang didirikan dengan sah. Sebagai contoh, dalam dunia olahraga terdapat olahragawan profesional yang merupakan kebalikan dari olahragawan amatir yang bukan berpartisipasi dalam sebuah turnamen/kompetisi demi uang.

Jadi Kerja Profesional adalah suatu aktivitas yang dilakukan manusia dengan penuh tanggung jawab atas suatu kegiatan yang dilakukannya, serta sudah ahli dalam pekerjaan yang dilakoninya.

2. Latar Belakang


Saya dapat lebih memahami apa yang dimaksud dengan kerja profesional.

3. Maksud dan Tujuan
  • Dapat mengetahui apa itu kerja dan apa itu profesional.
  • Mengerti maksud dari pekerjaan profesional.
4. Hasil yang diharapkan
Dapat bekerja secara profesional 

B. Alat & Bahan
1. Laptop
2. Internet

C. Jangka Waktu
08.00 - 12.00

D. Proses & Tahapan Pelaksanaan

Assessment 
adalah suatu proses untuk mengetahui kemampuan seseorang terhadap suatu kompetensi, berdasarkan bukti bukti. 

Pekerjaan adalah suatu hubungan yang melibatkan dua pihak antara perusahaan dengan para pekerja/karyawan. 

Ciri-ciri Profesional 
1. Menyelesaikan pekerjaan nya tepat waktu
2. Tidak melempar tanggung jawab
3. Memiliki dokumentasi yg tinggi
4. Memiliki kepercayaan diri yg tinggi
5. Bersedia menerima kritik
6. Melakukan hal yang terbaik pada hari terburuk mereka
7. Tidak menunggu datang nya ide, melainkan menciptakannya
8. Bersedia memberikan bantuan.

Tips menjadi Profesional
1. Menguasai konsep dasar
2. Memiliki referensi yg kuat
3. Memiliki rencana dan program kerja yang jelas
4. Memiliki tanggung jawab yg tinggi
5. Berpengalaman dan menguasai sesuai bidangnya
6. Selalu berpegang pada SOP, K3 & ketentuan yg ada 

Penyusunan Roadmap & Rencana Kerja :
a. Apa itu roadmap
b. Tujuan roadmap

c. Prinsip dasar roadmap
d. Sistematika roadmap
1. Ringkasan eksekutif
2. Pendahuluan
3. Konsolidasi rencana aksi program dan kegiatan

e. Diagram aliran roadmap
f. Steakholder analisys
g. Metode instituiogram
h. Identifikasi permasalahan
i. Gap analisys
j. Systematika roadmap
k. Daftar skala prioritas
l. Rencana program kegiatan
m. Kriteria keberhasilan
n. Agenda pelaksanaan prioritas
o. Waktu pelaksanaan pekerjaan & PIC 
p. Format pelaporan & dokumentasi

Roadmap adalah rencana strategis yang menjelaskan tahapan yg perlu dilakukan dalam mencapai tujuan organisasi  pada jangka pendek, menengah dan panjang.
 
Tujuan : pemodelan/target akhir bauran energi di KEN
Tahapan : target temuan/ periodik
Hambatan dan Tantangan : hambatan dan permasalahan yg dihadapi
Rencana aksi : aksi yg akan di lakukan terkait teknologi , kebijakan pendanaan dll.
Prioritas dan janka waktu : aksi utama

PENJELASAN
a. Persiapan & Perencanaan
 Pemilihan tenaga ahli, rencana dan jadwal kerja
b. Visioning
 Pemodelan untuk tentukan kebutuhan energi di masa depan. hal ini memerlukan workshop para ahli pemodelan untuk pastikan asumsi/ variabel yang digunakan
c. Pengembangan Roadmap
 Review kesiapan teknologi, ekonomi, kebijakan dan pengembangannya ke depan
d. Implementasi Roadmap 
 Publikasi di website dan media

Kunci Keberhasilan
1. Semakin banyak ahli yg terlibat maka semakin tajam analisis dan semakin bisa diterima oleh berbagai pihak
2. Pilih tenaga ahli yg tepat/ kompeten dari berbagai pemangku kepentingan 
3. Perlu workshop untuk kesepakatan tujuan, target, asumsi ( biaya, kinerja teknologi ) hambatan institusional dan teknis, menentukan tahapan teknologi dan strategi implementasi aksi yg disusun
4. Lakukan analisis skenario baselin dan skenario kebijakan yg diinginkan
5. Analisis teknologi meliputi harga/ biaya, kinerja, kesiapan, pabrikan, vendor, penetrasi pasar dan keterbatasan
6. Analisis kondisi pasar energi meliputi aliran suplai ( suplier, distributor, konsumen ) 
7. Analisis kondisi kebijakan meliputi peraturan perundangan berlaku yg mempengaruhi teknologi dan pasr di roadmap
8. Data dan analisis
a. setiap argumen harus berdasarkan data
b. roadmap dimulai dari suplai yang ada dan proyeksi ke depan, biaya, efisiensi, model demografi dan ekonomi populasi pertumbuhan energi dan kemudian memproyeksikan kebutuhan energi di masa depan.
9. Komitmen pembuatan kebijakan
sebagus apapun roadmap dibuat akan tidak berarti jika tidak digunakan oleh pembuat kebijakan.

E. KESIMPULAN

Lebih paham dan mengerti apa yang dimaksud dengan kerja profesional.

F. REFERENSI

https://id.wikipedia.org/wiki/Kerja
https://id.wikipedia.org/wiki/Profesional

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Blokir Website dengan Layer 7 Protocol

Bersih - bersih Gedung Baru BLC Telkom Klaten

Browsing Lewat Terminal Menggunakan Elink